Home » » Komputer lambat ini lah Cara ampuh nya tuk Mengatasinya

Komputer lambat ini lah Cara ampuh nya tuk Mengatasinya

Written By Unknown on Sabtu, 04 November 2017 | November 04, 2017

Hai Selamat Paga Dan Semoga Bagi Sobat Mencerahkan Kali Blog kami Akan Membahas Tentang  iKomputer lambat ini lah Cara ampuh nya tuk Mengatasinya Dan Semoga Bermanfa'at Untuk Sobat Semua Akakakak :D


Yak, kita tidak akan berlama - lama untuk berbasa - basi karena jika kelamaan akan menjadi basi. Kali ini kita akan membahas tentang maslah pada PC atau Laptop yang sering kita dengar bahkan kita alami sendiri, yaitu performa komputer lambat.

Berikut akan kita bahas secara tuntas mengenai penyebab dan cara mengatasi Komputer yang melambat.

1. Kapasitas RAM atau Memory : Ukuran memory atau RAM yang kurang biasanya menjadi faktor utama penyebab lambatnya performa PC ata laptop kita. Maka cobalah cek kapasitas memory PC atau Lapto kita dengan cara melalui Control Panel --> System lalu lihat keterangan spesifikasi sytem komputer anda. Atau memlalui program "dxdiag" dengan cara klik Start Windows --> pada kolom search isikan kata "dxdiag" --> Enter maka penjelasan informasi spesifikasi komputer anda akan muncul di situ. 

contoh tampilan dxdiag
Pada contoh gambar diatas tertulis memory memiliki kapasitas 4096MB atau 4GB. Ukuran tersebut termasuk ukuran standar agar komputer anda tidak lambat. Maka apabila memory anda dirasa kurang yang perlu anda lakukan adalah mengupgrade kapasitas RAM dengan membeli kapasitas RAM yang lebih besar atau lebih baik. Namun apabila kapasitas RAM dirasa telah cukup namun masih lambat atau sering macet alias hang maka coba bersihkan slot pada RAM motherboard PC (Untuk RAM PC) anda dan coba bersihkan RAM anda dengan karet penghapus. Setelah selesai pasangkan kembali lalu coba hidupkan kembali PC anda.

2. Banyaknya Pogram yang terinstall : Banyak diantara kita yang acuh tak acuh terhadap penggunaan program - program yang terinstall di PC atau Laptop kita yang sebenarnya hanya beberapa saja diantaranya yang berguna dan kebanyakan lainnya tidak pernah kita pakai. Maka mulailah untuk menyortir program-program yang terinstall di komputer anda dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel lalu pilihlah program -program yang dirasa tidak terpakai dan un-install program-program yang tidak terpakai tersebut. Lambatnya performa akibat banyaknya program yang terinstall tersebut bisa dicegah apabila kita saat melakukan penginstalan tidak semuanya diletakkan pada disk partisi C atau local disk C. Melainkan diletakkan pada pasrtisi selain C misalnya saat proses penginstalan diletakkan pada local disk D.

3. Terlalu Banyak Startup Program Service yang berjalan : Semakin banyak program yang terinstall maka semakin banyak pula service yang dijalankan ketika windows startup. Masalhan ini masih berkaitan dengan masalah di atas, maka solusinya adalah dengan menonaktifkan startup program dan service yang masih berjalan. Caranya yaitu masuk ke System Configuration Utillity  dengan mengetik "msconfig" pada searching start Windows seperti atau pada menu run. Kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

contoh tampilan System Configuration

4. Komputer Lambat karena masalah pada Hardisk : Penyebab komputer lambat salah satunya disebabkan oleh Hardisk yang bermasalah, diatara penyebab Hardisk yang bermasalah adalah sebagai berikut.
- Kapasitas Harddisk yang mulai penuh / Low space.
- Data harddisk yang berantakan/tidak rapi atau terfragmentasi.
- Kecepatan RPM harddisk yang menurun akibat usia harddisk yang sudah tua.
- Harddsik memiliki bad sector. Untuk mangecek apakah Harddisk anda memiliki bad sector, anda bisa menggunakan aplikasi "Harddisk Sentinel". Bisa anda donwload pada link di bawah ini.
DOWNLOAD
5. Adanya Virus atau Malware pada komputer : Cobalah untuk selalu periksa kondisi komputer anda apakah terinfeksi virus malware atau tidak dengan antivirus yang  terinstall di komputer anda seperti Avira & Smadav. Namun apabila komputer anda sudah terlanjur terkena virus atau malaware maka langkah memperbaikinya dengan cara Windows Safe Mode. Untuk masuk dalam Safe Mode pada Windows 7, lakukan restart PC lalu tekan tombol F8 berulang kali. Saat tampil menu Advanced Boot cek di menu Options, dan pilih  menu "Safe Mode". Saat selesai anda bisa lakukan restart alias booting ulang dan masuk ke Windows seperti biasa.

6. Adanya System Files yang corrupt atau hilang : System Files yang corrupt atau hilang terjadi alibat terinfeksinya virus dan file-file pada komputer anda dan file - file terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Artinya file -file yang tadinya berupa file sehat itu berubah menjadi virus. Cara mengembalikan file yang hilang akibat virus

7. Komponen Hardware terlalu panas / Overheat : Komponen komputer yang rawan panas atau sering mengalami overheat diantaranya adalah processor, harddisk, dan vga card. Maka supaya hal tersebut tidak terjadi, cara pencegahannya yaitu dengan memberikan sirkulasi udara yang baik pada komponen tersebut dan terhindar dari debu terutama pada bagian kipas/fan dalam cassing CPU. Untuk laptop supaya tidak terjadi overheat maka hindari menggunakannya pada permukaan yang empuk, sebab bisa meningkatkan kadar suhu panas pada laptop dan adanya hambatan untuk sirkulasi udara pada kipas laptop. Ada baiknya menggunakan cooling pad atau kipas tambahan yang diletakkan pada bagian bawah laptop.

Setelah tadi kita bahas tentang penyebab Komputer menjadi lambat maka berikut ini beberapa Tips supaya Komputer kira bekerja lebih cepat.

Tips supaya komputer bekerja lebih cepat :

1. Membersihkan file secara berkala seperti file - file sampah yang ada di  recycle bin, browser, caches, dsb. Hal ini terbukti bisa membuat komputer anda bekerja lebih optimal. Cara yang termudah untuk membersihkan beberapa file sampah yang ada di komputer kita yaitu menggunakan Tune Up Utilities atau CCleaner yang bisa anda download di sini.

Download CCleaner

Download Tune Up Utilities

2. Manfaatkan fitur Defragment yaitu dengan cara ketikan "defragment" pada menu serach Start Windows lalu tekan enter, kemudian pilih hardisk yang untuk didefragment.

3. Hindari pemakaian pada slideshow dekstop background.

4. Terapkan tema klasik atau bawaan windows.

5. Gunakan tampilan Best Performance pada visual effects. Caranya yaitu buka control planel --> pilih menu Performance Information & Tools --> Adjust Visual Effects, kemudian pada tab Visual Effects pilih “Adjust for best performance”.

6. Memasang SSD pada PC atau Laptop anda. Penjelasan tentang SSD. Jika memiliki SSD pada PC maka tempat penginstalan operasi sistem seperti Windows lebih baik deitempatkan pada SSD tersebut jangan pada Harddisk biasa.

Demikian Informasi tantang Komputer lambat ini lah Cara ampuh nya tuk Mengatasinya Dan Jangan Lupa Tonton Artikel Lainnya Di Blog KamI dan Semoga Bermanfa'at Bagi Kali Semua See You :)

0 komentar:

Posting Komentar